Informasi Gado gado Peluang Bisnis dan Motifasi
Get Adobe Flash player

Meski sebagian orang mulai menyadari pentingnya dana pensiun, masih ada yang belum mengetahui cara mempersiapkannya dengan baik. Jika Anda belum tahu, di Indonesia sendiri hanya 2 dari 10 orang yang mampu merasakan masa pensiun. Maka dari itu, selagi masih muda, Anda sangat dianjurkan untuk membuat tabungan dana pensiun sebagai persiapan. Namun, sekali lagi, simpanan jangka panjang ini perlu mendapatkan perhatian khusus supaya Anda tak salah langkah.

Berikut ini ada beberapa kesalahan yang sebaiknya tidak Anda lakukan saat merancang penyimpanan dana pensiun.

  • Tidak Merencanakannya Sejak Masih Muda

Walau sudah ada kaum muda-mudi yang sadar akan krusialnya menyiapkan dana pensiun sejak dini, ternyata masih ada segelintir orang yang mengabaikannya. Mereka menganggap dana pensiun bukan hal yang harus diprioritaskan saat ini dan lebih memilih mewujudkan hal yang kurang penting. Padahal, saat Anda semakin tua, Anda malah akan semakin sukar menyisihkan anggaran untuk tabuangan dan dana pensiun. Jangan sampai Anda menyia-nyiakan masa muda dan malah merana begitu memasuki masa pensiun karena tak punya uang sepeser pun.

  • Memakai Asuransi untuk Menyimpan Dana

Anda sedang mempelajari pengertian AAJI / Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia untuk menyimpan dana pensiun? Sebaiknya Anda harus mempertimbangkannya lagi. Pasalnya, sebagian agen asuransi tidak menghitung kebutuhan pensiun Anda dengan cermat, sementara Anda harus membayar iuran dalam jumlah yang tidak sedikit. Sebaiknya, Anda tanyakan bagaimana cara mereka dalam menghitung dana atau target pada produk yang mereka tawarkan. Akan lebih baik kalau Anda berkonsultasi juga dengan perencana keuangan tepercaya agar tidak menyesal di kemudian hari.

  • Mengabaikan Perhitungan Kebutuhan Dana

Masih berkaitan dengan poin sebelumnya, ada juga orang-orang yang tidak mengacuhkan perhitungan kebutuhan dana pensiun mereka. Padahal, mereka juga tidak tahu akan selama apa mereka hidup di masa pensiun tersebut. Contohnya saja, Anda pensiun di usia 55 tahun dengan rata-rata usia harapan hidup 70 tahun (di Indonesia), berarti Anda harus menyiapkan kebutuhan hidup di masa pensiun untuk 15 tahun ke depan. Kesalahan lain yang tidak dipertimbangkan adalah lupa memasukkan inflasi / kenaikan harga yang bisa mempengaruhi nominal perhitungan.

  • Tidak Melakukan Konsultasi Kepada Ahli

Bagi Anda yang sedang mempelajari pengertian AAJI / Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia atau agen lain untuk menyimpan dana tabungan, sebaiknya lakukan sesi konsultasi terlebih dahulu dengan ahli. Jangan segan untuk berkonsultasi dengan pakar, mengingat hal ini juga berkaitan dengan masa depan Anda nantinya. Dengan bantuan mereka, Anda bisa merancang dana pensiun dan memperhitungkan nominal yang tepat untuk memenuhi kebutuhan di masa tua nanti. Pilihlah ahli keuangan tepercaya yang sudah biasa menangani hal seperti ini.

  • Terlena dengan Besarnya Uang Pensiun

Orang-orang yang bekerja sebagai PNS (Pegawai Negeri Sipil) merasa masa pensiunnya aman karena ada uang pensiun yang mereka terima setiap bulan. Padahal, nominalnya hanya sekitar sepertiga dari gaji pokok mereka. Sementara mereka yang bekerja sebagai pegawai swasta pun tak luput dari uang pensiun yang bikin terlena. Karena diberikan di muka dalam nominal yang cukup besar, mereka lantas langsung memakainya untuk membayar utang-utang atau membeli sesuatu yang membutuhkan biaya besar seperti kendaraan atau rumah.

Nah, bagi Anda yang sedang menyiapkan tabungan di masa tua, semoga informasi ini juga menyadarkan pula akan pentingnya dana pensiun, ya!

 

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

GenCARteam.com
Recent Posts
Recent Comments
    July 2019
    M T W T F S S
    « Dec    
    1234567
    891011121314
    15161718192021
    22232425262728
    293031  
    GenCARteam.com