Informasi Gado gado Peluang Bisnis dan Motifasi
Get Adobe Flash player

Pengertian AAJI / Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia yaitu merupakan induk organisasi untuk asuransi jiwa yang ada di Indonesia. Berbeda dengan AAJI, di Indonesia terdapat pula OJK. Pengertian OJK / Otoritas JasaKeuangan adalah lembaga negara yang berfungsi untuk melakukan pengaturan serta pengawasan yang sifatnya reintegrasi terhadap sektor keuangan yang ada. Kedua lembaga ini sama – sama difungsikan sebagai suatu bentuk lembaga yang akan mengurusi berbagai hal yang berkaitan dengan sektor keuangan yang ada di negara kita ini. Namun meskipun sama – sama berada pada sektor keuangan, bidang kekhususannya sebenarnya berbeda. Hal ini terlihat dari AAJI yang lebih mengarah pada urusan asuransi jiwa, sedangkan OJK lebih pada bidang jasa keuangan sehingga cakupannya lebih luas lagi. Berikut adalah penjabaran dari kedua lembaga ini.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

OJK ini terbentuk berdasarkan UU No. 21 tahun 2011 yang menyatakan bahwa lembaga ini berfungsi sebagai penyelenggara dari sistem pengaturan serta untuk mengawasi keseluruhan sektor keuangan baik yang sifatnya perbankan maupun non-perbankan, sektor pasar modal, asuransi, dana pensiun, dan berbagai lembaga keuangan yang lain. Lembaga satu ini memiliki sifat bebas dan tidak terikat dengan lembaga manapun sesuai dengan undang – undang yang telah mengaturnya. Tujuan dari OJK ini adalah sebagai penyelenggara dari berbagai sektor jasa keuangan agar dapat berjalan secara tertib dan teratur, transparan, adil, akuntabel, serta mampu membentuk suatu sistem keuangan yang dapat berkembang dengan stabil serta melindungi kepentingan masyarakat luas.

Tak hanya itu, OJK juga dibentuk untuk dapat semakin meningkatkan daya saing dari perekomomian negara Indonesia. Oleh karenanya OJK harus selalu mengutamakan kepentingan nasional yang antara lain menjaga bidang pengelolaan, sumber daya manusia, pengendalian sektor jasa keuangan, dan sebagainya. Maka tak heran bila sebuah badan ini mendirikan suatu perbankan maka harus memina izin terlebih dahulu dengan lembaga ini. Selain memberikan perizinan pada pada pendirian suatu perbankan, OJK juga bertugas untuk memberikan perizinan pada anggaran dasar, pembukuan kantor, akuisisi bank, pencabutan izin pendirian bank, berhak melakukan likuiditas, solvabilitas, mengatur kualitas aset mengatur rasio pinjaman dan simpanan, dan sebagainya. Asas yang digunakan oleh lembaga ini adalah asas independensi, asas kepentingan umum, asas kepastian hukum, asas profesionalitas, asas keterbukaan, asas akuntabilitas, serta asas integritas.

Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI)

Semakin banyaknya badan perlindungan dan asuransi membuat perlu dibentuknya Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia. AAJI ini berfungsi sebagai penyalur dari adanya aspirasi dari perusahaan asuransi untuk memupuk persatuan serta memupuk adanya rasa kerja sama yang nantinya akan memberi manfaat terhadap pengembangan asuransi yang ada di negara kita. AAJI juga ikut mmeberikan kontribusi untuk perkenomian nasional yaitu dengan menjadi mitra dari pemerintah untuk pengawasan serta pembinaan kegiatan yang masih berkaitan dengan adanya asuransi. Lebih dari 50 penyelenggara jasa asuransi Indonesia yang dipantau dan diawasi oleh AAJI ini.

Karena berkutat pada seputar asuransi jiwa maka lembaga ini akan memberikan perhatian ekstra seputar masalah asuransi pula. Sebagai tambahan info, kita perlu untuk memiliki suatu bentuk asuransi agar jika terjadi hal – hal yang tidak diinginkan seperti adanya musibah kecelakaan, sakit, dan berbagai hal tak terduga lainnya, maka akan diitemukan sebuah solusi.

Semoga penjelasan tentang Pengertian AAJI / Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia ini dapat memberikan manfaat bagi Anda.

 

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

GenCARteam.com
Recent Posts
Recent Comments
    July 2019
    M T W T F S S
    « Dec    
    1234567
    891011121314
    15161718192021
    22232425262728
    293031  
    GenCARteam.com